Empat gerhana diprediksi terjadi selama 2014

gambar gerhana matahari dan bulan

Selama tahun 2014 diprediksi akan terjadi empat gerhana, meski tidak semua bisa diamati di wilayah Indonesia. Berikut waktu yang diperkirakan akan terjadinya gerhana tersebut:

Gerhana bulan total, 15 April 2014

Menurut Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Gerhana bulan total pada 15 April dapat diamati dari seluruh wilayah Indonesia kecuali Jawa bagian barat, Kalimantan bagian barat dan Sumatera.

Wilayah Indonesia hanya dapat mengamati bagian akhir dari proses gerhana bulan tersebut. Selain di Indonesia, gerhana bulan total dapat diamati dari Samudra Pasifik, Asia Timur, Filipina, Afrika bagian Barat, Eropa bagian Barat, Samudra Atlantik, dan Amerika.

Gerhana matahari cincin, 29 April 2014

Untuk gerhana matahari cincin 29 April, dapat dilihat di Indonesia, yang dapat diamati dari Yogyakarta, Jawa Timur bagian Selatan, dan Bali. sedangkan wilayah Nusa Tenggara hanya bisa menyaksikan Gerhana Matahari Sebagian. Selain itu, gerhana matahari cincin dapat diamati juga dari Australia, Samudera Hindia bagian Selatan, dan Antartika.

Gerhana bulan total, 8 Oktober 2014

Gerhana bulan total yang iperkirakan akan terjadi pada 8 Oktober 2014 dapat diamati dari wilayah Indonesia, dan luar indonesia seperti: Australia, Asia kecuali Asia Barat., Samudra Pasifik, dan Amerika.

Gerhana matahari sebagian, 23 Oktober 2014
Gerhana matahari sebagian yang diperkirakan terjadi pada 23 Oktober 2014 hanya dapat dilihat di Amerika Utara dan Samudera Pasifik bagian utara. Gerhana tersebut tidak dapat dilihat dari wilayah Indonesia.