Gabriel Garcia Marquez, Novelis Peraih Nobel Tutup Usia

Gabriel Garcia Marquez
Seorang novelis Kolombia, penulis cerita pendek, penulis skenario dan wartawan, Gabriel Garcia Marquez meninggal dunia karena pneumonia pada usia 87 pada tanggal 17 April 2014.

Kematiannya dikonfirmasi oleh Fernanda kerabatnya Familiar di Twitter, dan oleh mantan redaktur Cristóbal Pera.

Sebelumnya pada tahun 1999, García Márquez didiagnosa menderita kanker getah bening. Kemoterapi yang diberikan oleh sebuah rumah sakit di Los Angeles terbukti sukses.

Sebelumnya, pada tahun 2012, saudaranya Jaime García Márquez mengumumkan bahwa García menderita penyakit Alzheimer.

Pada April 2014, Márquez dirawat di rumah sakit di Meksiko. Dia memiliki infeksi di paru-parunya, saluran kemih dan menderita dehidrasi. Presiden Meksiko Enrique Peña menulis di Twitter "Saya berharap dia cepat sembuh". Presiden Kolombia Juan Manuel Santos mengatakan dalam tweet "Semua Kolombia ingin cepat sembuh kepada terbesar sepanjang masa: Gabriel García Márquez".

Gabriel Garcia dianggap sebagai salah satu penulis yang paling signifikan dari abad ke-20, ia dianugerahi Neustadt International Prize for Literature tahun 1972  dan tahun 1982 mendapat Penghargaan Nobel dalam Sastra.

Gabriel García Márquez mulai sebagai jurnalis, dengan menulis banyak karya non-fiksi terkenal dan cerita pendek, namun karyanya yang paling banyak dikenal dalam bentuk novel, seperti One Hundred Years of Solitude (1967), Autumn Patriark (1975) dan Love in the Time of Cholera (1985). Karya-karyanya telah mendapat pujian dan komersial luas, terutama untuk mempopulerkan gaya sastra yang dicap sebagai realisme magis, yang menggunakan unsur-unsur magis dan peristiwa dalam situasi jika tidak biasa dan realistis. Beberapa karyanya diatur di sebuah desa fiksi bernama Macondo (kota yang terinspirasi oleh tempat kelahirannya Aracataca), dan sebagian besar dari karyanya mengungkapkan tema kesendirian.

Untuk lebih jelas mengenai biografi, biodata lengkap silahkan baca di "Biografi Gabriel García Márquez - Peraih Nobel Sastra Asal Kolombia"