Pesawat Malaysia Airlines MH-17 jatuh di Ukraina

Pesawat Malaysia Airlines MH-17



Dilaporkan Pesawat Malaysia Airlines MH-17 jatuh di Ukraina, tepatnya dekat perbatasan dengan Rusia, kemarin. Sebanyak 295 penumpang, termasuk 15 awak pesawat, diduga tewas.

Tadi malam, Metro TV mendapatkan konfirmasi bahwa ada seorang warga negara Indonesia bernama Ninik Yuriani, 57, yang menetap di Belanda sejak 1997, berada di pesawat itu. Kerabatnya mengatakan, Ninik berencana berlebaran di Wonosobo, Jawa Tengah, bersama keluarga.

Sebelum jatuh, Pesawat komersial Malaysia Airlines dengan nomor penerbangan MH-17 bertolak dari Amsterdam, Belanda, menuju Kuala Lumpur, Malaysia, pukul 12.14 waktu setempat atau 07.14 WIB.

kantor berita Reuters  mengabarkan, menurut Presiden Ukraina Petro Poroshenko, menduga pesawat tersebut ditembak.

Kantor berita Rusia, Interfak, memberitakan, salah seorang anggota kelompok separatis pro-Rusia, Anton Gerashchenko, menegaskan pesawat Malaysia Airlines jatuh setelah dihantam rudal antipesawat terbang. Namun, belum jelas siapa yang melepaskan rudal tersebut.

Interfak juga menyebutkan, pesawat jatuh 50 km sebelum memasuki wilayah udara Rusia. “Pesawat jatuh, lalu terbakar di wilayah Ukraina,“ ujar sumber yang tidak disebutkan manya.

Masih menurut sumber tersebut, pesawat nahas itu diduga jatuh di wilayah aksi militer, tempat pasukan pemerintah Ukraina sedang memerangi para separatis pro-Rusia. Sumber lain yang dikutip Interfak menyebutkan, pesawat menghilang dari radar pada ketinggian 10.000 meter dan terjatuh di dekat Kota Shakhtyorsk.

Sebelumnya, Malaysia Airline melalui akun Twitter-nya, @MAS mengakui kehilangan kontak dengan pesawat dari Amsterdam. Posisi terakhir diketahui berada di langit Ukraina.

Pesawat tersebut jatuh di Torez, dekat Shakhtersk, 40 kilometer dari perbatasan Rusia. Lokasi tersebut merupakan daerah konflik, antara tentara Ukraina dengan pemberontak pro Rusia. Beberapa sumber mengatakan pesawat jatuh akibat salah tembak, penembak mengira pesawat MH17 merupakan pesawat militer.