Arab Saudi Nyatakan Hari Raya Idul Adha Sabtu 04 Oktober

wukuf
Setelah sejumlah saksi melihat Hilal pada Kamis (25/09)sore maka Mahkamah Agung Arab Saudi memutuskan wukuf Arafah jatuh pada hari Jum’at tanggal 03 Oktober, dan hari raya Idul Adha jatuh pada hari Sabtu tanggal 04 Oktober.

Dilongok dari Saudi Press Agency dari Mahkamah Agung Arab Saudi menyatakan bahwa tanggal 9 Dzulhijjah bertepatan dengan hari Jum’at 3 Oktober.

Menurut kantor berita Jerman menyatakan bahwa 5 orang saksi telah melihat Hilal, termasuk satu saksi di Syaqara dan 4 di Hawtah Sudair.

Pada tanggal 9 Dzulhijjah adalah waktu jamaah Haji menunaikan ibadah Wukuf di padang Arafah, sedangkan tanggal 10 Dzulhijjah merupakan hari raya Idul Adha bagi umat Muslim di seluruh dunia dan hari Jumrah Aqaba bagi jamaah haji, yang kemudian di ikuti di hari Tasrik.

Sementara itu, pemerintah Indonesia menetapkan Idul Adha pada 10 Dzulhijah jatuh pada Minggu, 5 Oktober 2014 seusai sidang itsbat. Selain itu, mendapat laporan dari 70 titik yang disebar dari Sabang hingga Merauke menyatakan semua tidak melihat hilal.