Siap-siap Hadapi Badai Matahari

badai matahari
Ilustrasi - Reuters- NASA
Sebuah fenomena alam semesta yakni badai matahari akan hadir ke bumi, demikian menurut perkiraan Space Weather Prediction Center. Dalam menghadapi hal tersebut sebaiknya kita mempersiapkan alat penerangan manual seperti senter.

Para pakar menyarankan untuk mempersiapkan senter daripada mempersiapkan payung atau alat pelindung lain, karena badai yang dimaksud bukan berupa angin kencang, melainkan kekuatan radiasi yang berasal dari Matahari.

Dikutip dari CNN, para pakar di Space Weather Prediction Center berpendapat, efek yang ditimbulkan dari badai tersebut akan berupa radiasi.

Bagi manusia Efek radiasi itu tidak membahayakan, tapi mungkin menganggu beragam sumber daya energi sehingga mampu mengacaukan GPS dan komunikasi radio dan satelit. Saat terakhir kali menuju Bumi pada 1989, badai matahari sempat memutuskan aliran listrik di seluruh Provinsi Quebec, Kanada.

Menurut para pakar, badai yang dihasilkan dari dua proses di Matahari itu akan tiba pada Sabtu, 13 September 2014, berupa geomagnetik yang terbilang kuat.

Untuk mengurangi risiko untuk smartphone dan koneksi wi-fi. Para operator satelit diminta dapat menonaktifkan sensor sensitif pada satelit.