Google rayakan ulang tahun ke-150 Henri de Toulouse Lautrec - Pelukis Perancis

ulang tahun ke-150 Henri de Toulouse Lautrec
Hari ini Google Doodle tampil dengan gambar seseorang sedang melukis. Karena hari ini adalah Hari ulang tahun ke-150 Henri de Toulouse Lautrec. Siapakah dia hingga menjadi tema halaman depan Google? berikut cerita singkatnya....

Henri Marie Raymond de Toulouse-Lautrec-Monfa atau Henri de Toulouse-Lautrec adalah seorang pelukis Perancis zaman Renaisans, ahli grafis, dan pelukis poster yang ikut dalam warna-warni kehidupan teater Paris pada tahun 1800-an. Ia menghasilkan koleksi gambar menarik, elegan dan provokatif dari kehidupan modern. Toulouse-Lautrec - bersama dengan Cézanne, Van Gogh dan Gauguin - adalah salah satu pelukis paling terkenal dari periode Post-impresionis. Dalam lelang di rumah lelang Christie tahun 2005, rekor baru ditetapkan ketika La Blanchisseuse, lukisan awal dari cuci muda, dijual seharga US $ 22.400.000.

Henri Marie Raymond de Toulouse-Lautrec-Monfa lahir di Hotel du Bosc di Albi, Tarn di Midi-Pyrenees wilayah Perancis  24 November 1864, anak sulung dari Comte de Alphonse Toulouse-Lautrec-Monfa dan Adele Tapie de Celeyran. Keluarganya berasal dari keturunan aristokrat.

Sejak kecil Henri memiliki bakat  menggambar dan melukis. Henri menderita kondisi kesehatan bawaan akibat riwayat perkawinan sedarah. Pada usia 13 Henri patah kanannya tulang paha, dan pada usia 14, sebelah kiri.

Ia menjadi tokoh yang penuh pengabdian terhadap pekerjaannya. Gaya lukisannya beraliran impresionisme. Ia sering membuat lukisan dengan papan kayu bergaya Jepang. Hal ini menjadikannya pelukis yang khas dan original. Ia melakukan akrivitas melukisnya di daerah yang banyak dikunjungi orang, di tengah keramaian, misalnya di daerah Montmartre, seperti di Moulin Rouge. Objek lukisannya banyak bicara tentang dunia perempuan, misalnya ia melukis biduan-biduan, pelacur, penari, artis sirkus, dan perempuan yang biasanya hadir di acara olah raga [[pacuan kuda]. Ia menggambarkan watak dan karakter objek yang ia lukis secara mendalam baik dengan melukis secara proporsional sesuai asli maupun dalam lukisan karikatur. Ia menciptakan kurang lebih 1000 lukisan dan 5000 gambar serta 350 poster selama hidupnya. Beberapa subjek yang ia lukis, biduan-biduan di kota Paris, Yvette Guilbert, Jane Avril, dan la Goulue. Toulouse-Lautrec juga mengerjakan lukisan yang diperuntukkan sebagai iklan atau reklame. Lukisannya sangat berpengaruh dalam dunia komersial.

Henri de Toulouse-Lautrec meninggal di Château Malromé, Prancis pada 9 September 1901 (umur 36).

untuk mengetahui biografi, profil, biodata lengkap silahkan kunjungi: "Biografi Henri de Toulouse Lautrec"