Fitur Reset Data pabrik Android cacat

ponsel androidSaat kita akan menjual telepon pintar android, biasanya akan mengaktifkan fitur reset data, namun ternyata penghapusan data tersebut belum sepenuhnya bekerja, beberapa file pribadi anda mungkin masih tersimpan pada perangkat smartphone anda.

Hal ini telah diteliti oleh ilmuwan pada Universitas Cambridge, mereka menemukan bahwa fitur reset pabrik sistem operasi ini  cacat dan tidak bekerja sebagaimana seharusnya.

Seperti dilansir GSM Arena, Para peneliti telah menguji setidaknya 21 smartphone yang dijual oleh lima produsen ponsel berbeda yang menjalankan OS mobile Google versi 2.3.x hingga 4,3.

Setelah dilakukan penelitian, ternyata dari seluruh smartphone yang diuji tersebut, semua perangkat masih menyimpan setidaknya beberapa data lama, seperti video, SMS, email, serta informasi kontak yang tersimpan dalam aplikasi telepon, dan aplikasi pihak ketiga seperti Facebook dan WhatsApp.

Data yang masih ada tersebut dapat diakses peneliti bahkan masih dapat dibuka meski perangkat itu dilindungi dengan enkripsi full-disk. Bukan itu saja, dalam sebagian besar kasus (sekitar 80 persen), perangkat-perangkat itu juga mampu mengambil token master yang diperlukan untuk mengakses data pengguna Google. Para peneliti memperkirakan sekitar 500 juta ponsel Android berisiko mengalami hal tersebut. (sumber: http://www.antaranews.com/berita/497813/fitur-reset-pabrik-android-cacat)