Google Kenalkan Android M penerus Lollipop

robot android
Setelah memperkenalkan sistem operasi Lollipop, kini Google telah mempersiapkan penerus selanjutnya yang bernama Android M. P)engenalan tersebut digelar dalam ajang konferensi I/O 2015 di Moscone Center San Fransisco, Amerika Serikat, Kamis.

Seperti yang dilansir laman Phone Arena, para pengguna yang ingin mengetahui nada dering awal untuk sistem operasi tersebut, telah tersedia di internet dan dapat diunduh.

Nada dering ini, dapat didengarkan pada semua smartphone termasuk non-Android. Terdapat 24 suara antarmuka (interface), 12 nada dering, 11 suara notifikasi dan delapan suara alarm yang telah tersedia.

Saat ini, pratinjau pengembang Android M telah diluncurkan dan sedang dipasang pada ribuan smartphone Nexus 5 dan 6.

Nada dering ini diekstrak oleh blogger Shivam dari Developer Preview.

Sampai saat ini, OS masih menggunakan nama Android M. OS tersebut akan tersedia dalam versi pra rilis mulai Jumat (29/5/2015).


Ada apa di Android M?
  • Pengguna Android bisa memilih fitur apa saja yang boleh digunakan oleh aplikasi, seperti kamera atau GPS.
  • Android M sudah mendukung penggunaan USB Type-C, seperti yang digunakan oleh Apple di New MacBook. 
  • Google sudah mengintegrasikan Android Pay ke dalam Android M untuk menggantikan Google Wallet.
  • Untuk fitur keamanan, Android Pay sudah mendukung penggunaan sensor sidik jari seperti yang terdapat di Samsung Galaxy S6.
  • Google juga memperkenalkan sebuah fitur baru bernama Doze yang diklaim bisa menambah waktu standby perangkat Android hingga dua kali lipatnya.