Google Rayakan peringatan ke-126 Ki Hadjar Dewantara

Google doodle 2 Mei 2015
Hari ini Sabtu 2 mei 2015 google doodle menampilkan Gambar Ki Hadjar Dewantara, yang berarti hari lahirnya pahlawan nasional tersebut yang ke-126.

Dalam laman G+ , Google Indonesia juga mengucapkan selamat hari pendidikan nasional.


"Selamat Hari Pendidikan Nasional.

Hari ini kami memperingati peringatan ke-126 hari lahir Ki Hadjar Dewantara, Bapak Pendidikan Nasional untuk menghormati perjuangannya agar semua warga Indonesia bisa mengenyam pendidikan berdasarkan kemanusiaan, kemerdekaan dan hak asasi untuk mendapatkan ilmu."

Demikian seperti dilansir dari laman G+ Google INDONESIA.

Ki Hajar Dewantara adalah tokoh pahlawan nasional yang  lahir di Yogyakarta pada 2 Mei 1889 dan meninggal di Yogyakarta pada 26 April 1959 pada umur 69 tahun. Sebelum tahun 1922 namanya adalah Raden Mas Soewardi Soerjaningrat (EYD: Suwardi Suryaningrat).

Ki Hajar Dewantara atau biasa disingkat sebagai "Soewardi" atau "KHD" adalah aktivis pergerakan kemerdekaan Indonesia, kolumnis, politisi, dan pelopor pendidikan bagi kaum pribumi Indonesia dari zaman penjajahan Belanda. Ia adalah pendiri Perguruan Taman Siswa, suatu lembaga pendidikan yang memberikan kesempatan bagi para pribumi jelata untuk bisa memperoleh hak pendidikan seperti halnya para priyayi maupun orang-orang Belanda.

Tanggal kelahirannya sekarang diperingati di Indonesia sebagai Hari Pendidikan Nasional. Bagian dari semboyan ciptaannya, tut wuri handayani, menjadi slogan Kementerian Pendidikan Nasional Indonesia. Namanya diabadikan sebagai salah sebuah nama kapal perang Indonesia, KRI Ki Hajar Dewantara. Potret dirinya diabadikan pada uang kertas pecahan 20.000 rupiah tahun emisi 1998.

Ia dikukuhkan sebagai pahlawan nasional yang ke-2 oleh Presiden RI, Soekarno, pada 28 November 1959 (Surat Keputusan Presiden Republik Indonesia No. 305 Tahun 1959, tanggal 28 November 1959).

Baca juga biografi lengkapnya di: "Biografi Ki Hajar Dewantara - Bapak Pendidikan Nasional Indonesia"