Kapan Lampu Lalu Lintas Pertama Kali Ditemukan?

google doodle hari ini 5 Agustus 2015
Itulah kalimat yang muncul bila kita mengklik google doodle hari ini 5 Agustus 2015. Mungkin kita bertanya apa hubungannya 5 Agustus dengan penemuan lampu lalu lintas?

Ternyata setelah ditelusuri, bertepatan dengan pemasangan sistem lampu sinyal di dua sudut jalan di Ohio oleh American Traffic Signal Company. Lampu sinyal ini terdiri dari dua warna, merah dan hijau, dan sebuah bel listrik. Lampu ini di desain oleh James Hoge. Keberadaan bel di sini untuk memberi peringatan jika adanya perubahan nyala lampu. Lampu rancangan Hoge ini dapat dikontrol oleh polisi dan pemadam kebakaran jika ada dalam keadaan darurat.

Penemu lampu lalu lintas pertama kali adalah John Peake Knight pada tahun 1868, sebuah sistem semaphore berdasarkan sinyal kereta api. Pada tahun 1866, terjadi kecelakaan yang menimbulkan korban, 1.102 orang tewas dan 1.334 terluka di jalan-jalan di London.

Baca: "J. P. Knight - Penemu Lampu Lalu Lintas Pertamakali"

Saat itu John Peake Knight mengusulkan sistem sinyal untuk mengatur lalu lintas kuda untuk mengurangi jumlah kecelakaan di jalan. Ini bukan lampu lalu lintas yang kita kenal sekarang, tapi lentera bertenaga gas bergulir dengan warna merah dan lampu hijau pada akhir lengan kayu.

Penemuan Knight mirip dengan sinyal waktu kereta api. Lampu lalu lintas Knight awalnya dipasang pada tanggal 9 Desember 1868, dekat London House of Commons, di persimpangan Great George Street dan Bridge Street, London SW1. Namun, pada tahun 1869 lampu tersebut meledak akibat kebocoran gas, dalam inseden tersebut seorang polisi yang sedang bertugas di dekatnya terluka parah. Akhirnya sejak tahun 1870 jenis lampu lalu lintas ini tidak dipakai lagi.

Setelah itu bermunculanlah pengembangan lampu lalu lintas hingga moderen seperti sekarang ini.


Berikut ini Perkembangan lampu lalu lintas yang dikutip dari Wikipedia:

  • Pada 10 Desember 1868, lampu lalu lintas pertama dipasang di bagian luar Gedung Parlemen di Inggris oleh sarjana lalu lintas, J.P Knight. Lampu ini menyerupai penunjuk waktu (jam) dengan bentuk seperti semapur dan lampu merah dan hijau untuk malam hari. Lampu-lampu tersebut berasal dari tenaga gas.
  • Pada 2 Januari 1869, tiba-tiba lampu tersebut meledak dan melukai seorang polisi sehingga harus dioperasi.
  • Pada awal 1912 Lampu lalu lintas modern ditemukan di Amerika Serikat. Di Salt Lake City, seorang polisi, Utah, menemukan lampu lintas pertama yang dijalankan dengan tenaga listrik.
  • Pada 5 Agustus 1914, American Traffic Signal Company memasang sistem lampu sinyal di dua sudut jalan di Ohio. Lampu sinyal ini terdiri dari dua warna, merah dan hijau, dan sebuah bel listrik. Lampu ini di desain oleh James Hoge. Keberadaan bel di sini untuk memberi peringatan jika adanya perubahan nyala lampu. Lampu rancangan Hoge ini dapat dikontrol oleh polisi dan pemadam kebakaran jika ada dalam keadaan darurat.
  • Pada awal tahun 1920, lampu lalu lintas dengan tiga warna pertama dibuat oleh seorang petugas polisi, William Potts, di Detroit, Michigan.
  • Pada tahun 1923, Garrett Morgan mematenkan alat sinyal lampu lalu lintas.
  • Tahun 1917, lampu lalu lintas pertama dijalankan saling berhubungan satu dengan yang lain. Interkoneksi antarlampu ini dijalankan pada enam persimpangan yang dikontrol secara bersamaan dengan tombol manual.
  • Lampu lalu lintas pertama yang dioperasikan secara otomatis diperkenalkan pada Maret 1922 di Houston, Texas.
  • Di Inggris, lampu lalu litas pertama dioperasikan di Wolverhampton pada tahun 1927.