Google Doodle Peringati Olimpiade Spesial 2015

Google Doodle
Saat membuka halaman depan Google kita akan melihat suatu animasi yang manis, memperlihatkan satu lapangan olah raga dengan beberapa orang sedang melakukan kegiatan olah raganya.

Hal itu dapat kita tau kalau kita klik gambar doodle tersebut yang akan menuju ke halaman pencarian google tentang peringatan Olimpiade Spesial 2015.

Namun apakah Olimpiade Spesial 2015 itu? Pesta olimpiade spesial dunia tahun 2015 (Special Olympics World Games) dibuka resmi hari Jumat 25 Juli 2015.

Upacara pembukaan Olimpiade Spesial 2015 ( Special Olympics World Summer Games ) digelar hari jumat di Los Angeles Amerika Serikat. Turut hadir sebgai tamu spesial adalah Michelle Obama ( Istri Presiden Amerika yaitu Barrack Obama ) , J Balvin , Siedah Garrett , Jimmy Kimmel dan lain-lain.


Mengapa disebut spesial?

Los Angeles dalam 16 tahun terakhir tak menggelar pesta olah raga. Sehingga ini adalah hari istimewa dan spesial karena Special Olympics World Summer Games terlaksana di daerah selebriti itu. Afrika Selatan juga menawarkan diri menjadi tuan rumah olimpiade khusus tersebut, namun berdasarkan hasil voting Los Angles jauh mengungguli negara yang pernah menjadi tuan rumah piala dunia itu.

Olimpiade Spesial 2015 kembali diadakan di AS dengan lebih dari 6.500 atlet dari 177 negara bersaing dalam 25 olahraga Olimpiade berbagai macam jenis mulai dari trek dan lapangan softball dan berlayar. Setelah pembukaan bertabur bintang di hari Sabtu, sekitar setengah juta penonton diharapkan dapat menempati tempat-tempat di Los Angeles. Mereka akan menonton atlet dengan berbagai Cacat intelektual, termasuk autisme dan sindrom Down, bersaing satu sama lain, dan juga bersama peserta non-cacat dalam serangkaian Olimpiade Spesial 2015.

Pemain termuda adalah anak berumur 9 tahun, Hoi Kei Tang, dari Macau, yang akan ambil bagian dalam acara atletik. Usia tertua adalah berumur 71 tahun Patrick Rutherford dari Irlandia. Khusus Olimpiade sebagai ini yang diluncurkan pada tahun 1975 dikhususkan bukan untuk orang normal saja. Kelompok yang secara historis telah dikecualikan dan terpinggirkan dalam banyak komunitas dan masyarakat, tapi karena ini merupakan bagian dari gerakan yang lebih luas untuk mengubah sikap di sekitar orang yang Cacat.

Olimpiade Spesial adalah sebuah organiasi internasional yang mengadakan acara khusus kemanusian untuk mendukung mereka yang mengalami keterbelakangan mental , disabilitas , cacat intelektual, melalui kegiatan olahraga. Pada awal sejarah-nya organisasi ini didirikan oleh Eunice Kennedy Shriver pada tahun 1968, dan kemudian gerakan tersebut berkembang hingga didukung kurang lebih 4 juta atlet dari 170 lebih negara partisipan.

Diantara cabang olahraga dipertandingkan adalah atletik , basket , badminton, bersepeda, sepak bola, Golf, Voli, Tenis, Bersepeda, dan lain-lain.

Olimpiade Spesial adalah sebuah organiasi internasional yang mengadakan acara khusus kemanusian untuk mendukung mereka yang mengalami keterbelakangan mental, disabilitas, cacat intelektual, melalui kegiatan olahraga. Pada awal sejarah-nya organisasi ini didirikan oleh Eunice Kennedy Shriver pada tahun 1968  dan kemudian gerakan tersebut berkembang hingga didukung kurang lebih 4 juta atlet dari 170 lebih negara partisipan.

Berdasarkan jadwal yang sudah ada, acara penutupan event Olimpiade Spesial akan diselenggarakan pada tanggal 2 Agustus 2015.