Miliki Kuku Terpanjang Pria ini Masuk Guinness World Records

Shridhar Chillal
Foto: Guinness World Records
Guinness World Records resmi menobatkan seorang pria di India, Shridhar Chillal (78 tahun) sebagai pemilik kuku tangan terpanjang sedunia. Profilnya akan ditampilkan di dalam buku rekor edisi tahun 2016.

Kuku yang dimilikinya berukuran sebagai berikut:
  • Kuku di jempol tangan kiri memiliki panjang dua meter.
  • Kuku jari tengah 186,6 sentimeter (cm).
  • Jari manis 181,6 cm.
  • Kelingking 179,1 cm.
  • Telunjuk 164,5 cm. 
  • Total keseluruhan kuku Shridhar memiliki panjang 909,6 cm.
Konon, keinginannya memanjangkan kuku jari tangan bermula ketika ia duduk di bangku sekolah, saat itu tanpa senganja ia beserta temannya mematahkan kuku panjang gurunya. Sang guru kemudian memukulinya.

"Kami bertanya mengapa dia memukuli kami hanya karena kami mematahkan kukunya. Dia bilang kami tak akan pernah mengerti karena kami tak pernah memanjangkan kuku," kata Shridhar seperti diberitakan Dailymail dan dikutip dari berbagai sumber pada Senin (5/10/2015).

Sejakm itulah ia berniat memanjangkan kuku kirinya. Meski tekadnya mendapat penolakan dari keluarganya, namun ia bersikeras untuk ridak memotong kukunya.

"Awalnya, kesulitan banyak bermunculan. Keluarga tidak menyukainya, tidak ada orang yang mau mencuci baju saya jadi saya harus mencuci sendiri dengan tangan. Mencari pekerjaan juga susah karena tak ada yang mau mempekerjakan saya," ujar Shridhar.

Dalam perjalanan memanjangkan karirnya ia banyak mengalami hambatan sosial seperti kesulitan mencari jodoh. Ia pernah ditolak 12 orang gadis yang menolak karena ketakutan terhadap dirinya yang dianggap kotor. Namun jodhpun datang, ia akhirnya menikahi adik ipar kakaknya, saat itu Shridhar berusia 29 tahun.

Rekor memiliki kuku terpanjang sepertinya akan ditinggalkannya karena ia berencana memotong dan menyumbangkan kukunya ke museum. Di umur yang sudah senja pertumbuhan kukunya mulai merapuh dan ia ingin sang kuku diawetkan.

"Saya bisa memberitahu orang-orang sekarang dengan bangga tentang rekor yang saya pegang. Ketika saya bepergian orang-orang akan mengenal saya sebagai pemilik gelar Guinness World Records," pungkas Shridhar.