Kini, Mesin Pencari Google Bisa Jawab Pertanyaan Lebih Kompleks

halaman depan google
Setelah dipernarui, Mesin pencari Google kini makin pintar. Setelah Google mengumumkan update terbesar untuk aplikasi pencariannya (Google Search), kini pencarian Google bisa menjawab pertanyaan yang lebih kompleks.

Dikutip dari  blog resmi Google, dalam salah satu postingannya, Selasa (17/11/2015), aplikasi pencariannya kini lebih pandai dalam menghadapi pertanyaan, baik ragam tulis maupun lisan.

Meski kemampuannya terbatas pada ranah tertentu, namun kemampuan  mesin pencari Google tersebut membuatnya bisa memberikan jawaban sesungguhnya.

Beberapa pertanyaan dengan konsep superlatif kini dapat dipahami Google, seperti: "What are the largest cities in Texas?"

Hal lainnya dapat pula dijawab, seperti pertanyaan yang spesifik di rentang waktu tertentu, contohnya "What was the population of Singapore in 1965?"

Mungkin anda akan kagum dengan, mesin pencari Google kini juga bisa menjawab pertanyaan kompleks, seperti “Who was the U.S. President when the Angels won the World Series.”

Dengan pertanyaan semacam itu, mesin pencai Google akan mencari tahu apa itu the Angels (tim baseball), kapan tim tersebut menjuarai World Series, dan melakukan kroscek dengan database siapa presiden AS saat itu.

Satyajeet Salgar, Product Manager Google menjelaskan bahwa Google kini mulai memahami arti dari apa yang Anda tanyakan. Sumber