Mulai April 2016 Blogspot Otomatis Menjadi HTTPS

icon HTTPS
Hari ini 5 April 2016, Blogger, meluncurkan fitur terbaru dengan mengaktifkan blog dengan domain blogspot menjadi HTTPS. Dengan hadirnya fitur ini maka setiap pengunjung blog akan melihat blog domain Blogspot melalui sambungan terenkripsi dengan mengunjungi https://<your-blog>.blogspot.com. Pengumuman ini langsung hadir di Dashboard Blogger setiap pemakai blogspot seperti yang kami kutip berikut ini

Hadir di akhir April! Semua pengunjung akan dapat melihat blog domain Blogspot Anda melalui sambungan terenkripsi dengan mengunjungi https://<your-blog>.blogspot.com. Tautan dan bookmark yang ada ke blog Anda akan terus bekerja. Sebagai bagian dari perubahan ini, Ketersediaan HTTPS akan ditiadakan, dan blog Anda akan selalu memiliki versi HTTPS.

Dikuip dari Wikipedia, Protokol transfer hiperteks adalah versi aman dari HTTP, protokol komunikasi dari World Wide Web. Ditemukan oleh Netscape Communications Corporation untuk menyediakan autentikasi dan komunikasi tersandi dan penggunaan dalam komersi elektris.

Selain menggunakan komunikasi plain text, HTTPS menyandikan data sesi menggunakan protokol SSL (Secure Socket layer) atau protokol TLS (Transport Layer Security). Kedua protokol tersebut memberikan perlindungan yang memadai dari serangan eavesdroppers, dan man in the middle attacks. Pada umumnya port HTTPS adalah 443.

Tingkat keamanan tergantung pada ketepatan dalam mengimplementasikan pada browser web dan perangkat lunak server dan didukung oleh algorithma penyandian yang aktual.

Oleh karena itu, pada halaman web digunakan HTTPS, dan URL yang digunakan dimulai dengan ‘https://’ bukan dengan ‘http://’

Sebelumnya, pengguna Blogger dapat merunbah alamat blog mereka dari http://<your-blog>.blogspot.com menjadi https://<your-blog>.blogspot.com. Namun diperlukan penyetelan pada kode HTML agar blog dapat diakses dengan HTTP ataupun HTTPS.

Kini, setiap blog yang menggunakan domain blogspot akan langsung dapat diakses dengan tampilan terenskripsi HTTPS.