5 Fitur Terbaru dari Android N

Android Google telah merilis Developer Preview pertama untuk sistem operasi terbaru mereka  'Android N', padahal sistim operasi terbaru ini digadang-gadang akan meluncur pada ajang tahunan Google I/O, Mei 2016 mendatang.

Berikut ini sejumlah fitur menarik yang sudah diumumkan sebagai bagian dari Android N Developer Preview:

Multi Window

Fitur mode multi-window, atau biasa juga sering disebut sebagai split-screen multitasking ini tidak hanya berfungsi pada tablet, tetapi juga untuk smartphone, dan bahkan televisi.

Fitur ini memungkinkan Anda untuk dapat menentukan dimensi minimum, untuk mencegah pengguna membuat jendela aktivitas lebih kecil dari ukuran yang diizinkan.

Saat dijalankan, mode di multi-window ini mirip saat kita mengubah mode layar dari landscape ke mode portrait. Selain itu, Anda juga bisa masuk ke mode picture-in-picture pada perangkat seperti TV.

Direct reply notifications

Dengan fitur ini, pengguna dapat membalas pesan atau konten apa saja, langsung dari notifikasi, tanpa perlu membuka aplikasi terlebih dahulu.

Metode seperti ini mirip dengan API pada Android Wear. Nantinya setiap aplikasi smartphone atau tablet yang terhubung dengan perangkat wearable Android akan bisa langsung terintegrasi dengan fitur ini secara langsung.


Bundled notifications

Developer Preview yang dirilis ini juga akan memberi akses bagi para developer aplikasi untuk menyatukan notifikasi dari aplikasi yang sama secara berbarengan.
Selanjutnya, notifikasi gabungan tersebut bisa diperluas menjadi sendiri-sendiri, dengan mengetuk tombol baru, atau dengan menggunakan gestur dua jari.

Efficiency

Mode Doze yang berperan sebagai penghemat baterai juga akan lebih dikembangkan. Android N mode irit energi ini tak hanya diaktifkan saat smartphone tidak dipakai selama beberapa saat, tetapi akan langsung aktif ketika layar mati.

Pengguna Android juga akan mendapatkan hal baru bernama Project Svelte, yang akan membuat Android N tidak hanya dapat dinikmati oleh perangkat flagship, tetapi juga smartphone kelas low-end.

Java 8

Fitur menarik lainnya adalah tentang fitur bahasa Java 8 yang telah dihadirkan untuk Android, dan bisa digunakan melalui Jack Compiler.

Google telah merilis factory images untuk Android N Developer Preview pada situs mereka dan kontennya siap diunduh untuk Nexus 6, Nexus 5X, Nexus 6P, Nexus 9, Nexus Player, dan Pixel C.

Tapi Developer Preview ini bukan untuk konsumen smartphone Android biasa, karena hanya untuk para developer saja.

Google memastikan akan mengundang pengguna smartphone umum untuk melihat versi Android terbaru dengan lebih dekat, saat software tersebut sudah masuk tahapan terakhir sebelum dirilis secara resmi ke masyarakat. perubahan atau fitur tersebut masih bersifat sementara.

Sumber: http://teknologi.inilah.com/read/detail/2280190/ini-dia-5-fitur-terbaru-dari-android-n