Siapakah Caroline Herschel Yang Ada di Google Doodle Hari Ini?

Google Doodle
Hari ini kembali Google merubah tampilan halaman depannya. Kali ini Yang tampil adalah sosok Caroline Herschel. Homepage google tampil dengan animasi seorang perempuan yang sedang mengamati lagit pada malam hari. Nampak beberapa komet melintas di langit yang ia intip.

Siapakah tokoh perempuan yang hadir di google tersebut? Caroline Lucretia Herschel adalah seorang Atroom Jerman dan adik dari astronom Sir William Herschel.

Baca Selengkapnya: "Biografi Caroline Herschel - Penemu komet 35P periodik / Herschel-Rigollet"

Caroline Lucretia Herschel lahir pada 16 Maret 1750 di kota Hanover, Jerman. Dia adalah anak kedelapan dan putri keempat Isaac Herschel dan Anna Ilse Moritzen.

Ketika sang kakak, Sir William Herschel tertarik pada dunia Astronomi, Caroline sangat mendukungnya. Sehingga akhirnya, Caroline sendiri juga tertarik pada dunia astronomi.

Caroline Herschel berhasil menemukan beberapa komet. Salah satu diantaranya adalah komet 35P periodik / Herschel-Rigollet. Di mana komet tersebut juga menyandang nama keluarganya, Herschel.

Atas jasa jasanya dalam dunia astronomi ia mendapat beberapa penghargaan, diantaranya: medali emas dari Astronomical Society of London dan dari King of Prussia, medali emas dari Masyarakat Astronomi tahun 1828, pada tahun 1835 terpilih menjadi Anggota Kehormatan The Royal Astronomical Society bersama dengan Mary Somerville, pada 1838 ia terpilih sebagai anggota kehormatan dari Academy Kerajaan Irlandia di Dublin, pada 1846 saat berusia 96 tahun dianugerahi Medali Emas untuk Sains oleh Raja dari Prussia.

Caroline Herschel meninggal pada 9 Januari 1848 di Hannover, Jerman.

Pantaslah bila Google menerbitkan Google Doodle pada hari ulang tahunnya yang ke-266 (16 Maret 2016) lewat animasi di Homepagenya.