Tertangkapnya Pencuri Lukisan Affandi

Affandi Koesoema
Pelaku pencurian lukisan karya Affandi senilai Rp 9,9 miliar milik mantan menteri koordinator ekonomi keuangan dan industri, Widjojo Nitisastro diringkus Petugas Polda Metro Jaya.

Dilansir dari Republika.co.id, Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi Heru Pranoto di Jakarta, Selasa (5/5) mengatakan bahwa  pelaku sebagai pekerja lepas tukang AC/instalasi listrik berinisial IP dan sopir di rumah korban berinisial AK.

Dia mengatakan penyidik kepolisian mencurigai IP sebagai pelaku karena sering dipanggil pelapor untuk membersihkan rumah. Berdasarkan informasi itu, polisi menyelidiki kasus pencurian lukisan karya pelukis maestro Affandi bertemakan Self Portrait and His Pipe itu.
AK akhirnya dibekuk di Kuningan Jawa Barat dan IP di rumahnya kawasan Depok Jawa Barat. Heru menyebutkan polisi masih mengejar seorang pelaku lainnya Rian yang diduga sebagai penduplikat lukisan karya Affandi pada 1973 itu.

Penyelidikan berawal saat Emil Sundoro selaku menantu Widjojo Nitisastro melaporkan dugaan pencurian lukisan karya maestro pelukis Affandi sejak 1973 ke Polda Metro Jaya pada 7 Mei 2014. Awalnya, Widjojo menyerahkan lukisan itu kepada putrinya, Wijaya Laksmi Kusumaningsih setelah ayahnya meninggal dunia pada 9 Maret 2012.

Laksmi menyimpan lukisan bernilai miliaran rupiah itu di ruangan Joglo kawasan Pondok Indah Jakarta Selatan. Namun, Laksmi terkejut saat anaknya, Sawitri membuka internet yang menginformasikan lelang lukisan karya Affandi itu di Hongkong pada awal Mei 2014.

Laksmi memanggil ahli lukisan yang juga cucu Affandi, Selarti Venetzia menyatakan lukisan di rumah itu ternyata palsu.

Affandi Koesoema (Cirebon, Jawa Barat, 1907 - 23 Mei 1990) adalah seorang pelukis yang dikenal sebagai Maestro Seni Lukis Indonesia, mungkin pelukis Indonesia yang paling terkenal di dunia internasional, berkat gaya ekspresionisnya dan romantisme yang khas. Pada tahun 1950-an ia banyak mengadakan pameran tunggal di India, Inggris, Eropa, dan Amerika Serikat. Pelukis yang produktif, Affandi telah melukis lebih dari dua ribu lukisan.


Sumber: http://nasional.republika.co.id/berita/nasional/jabodetabek-nasional/15/05/05/nnvhlu-pencuri-lukisan-affandi-tukang-reparasi-ac