Ini Perbedaan Beras Sintetis dan Beras Asli

beras
Beberapa hari terakhir ini sedang hangat-hangatnya diberitakan tentang beras palsu yang terbuat dari bahan sintetis plastik.

Kabar tentang beras plastik ini tersiar setelah Dewi Septiani (29), pedagang nasi uduk dan bubur ayam di Ruko GT Grande, Blok F 19 Nomor 37, RT 01/RW 23, Perumahan Mutiara Gading Timur, Kelurahan Mustikajaya, Kecamatan Mustikajaya, Kota Bekasi, Jawa Barat, menemukan dugaan adanya beras plastik atau sintesis.

Ia membeli beras tersebut pada hari Rabu 13 Mei lalu di Pasar Mutiara Gading Timur, yang lokasinya berdekatan dengan warung nasi miliknya.  Ia membeli beras ini kiloan dengan harga Rp 8.000 per kilo.

Menurut Dewi Septiani butiran beras yang diduga plastik berwarna bening sementara beras asli berwarna bening bercampur putih susu. Ada dua warna yang beras asli yakni bening dan putih susu. Demikian seperti dilansir Liputan6.com, Selasa (19/5/2015).

Selain itu, Dewi juga menemukan hal aneh lainnya, yakni saat ia akan membuat bubur dari beras tersebut, ternyata beras yang dimasak untuk dijadikan bubur nasi, tidak hancur-hancur menjadi bubur. Padahal memasak beras asli dengan durasi waktu dan ukuran air yang sama, sudah hancur menjadi bubur.

Selain bubur, Dewi juga sempat menanak beras itu untuk dijadikan nasi uduk, namun keanehan pun kembali dia temukan. Saat dimasak beras itu mengeluarkan banyak air. Biasanya, kalau beras biasa akan menyerap air.

Setelah memakan beras plastik itu perutnya terasa sakit. Bahkan anaknya juga mengalami sakit perut.

Kecurigaaan mulai dirasa Dewi setelah memasak beras sintesis itu pada Senin 18 Mei kemarin. Ia pun langsung melaporkannya ke polisi.

Bagi anda yang masih bingung dengan perbedaan beras asli dan paolsu, berikut ini ciri-ciri beras plastik:
  • Bila dibuat bubur tidak mengental namun berbentuk buliran, tidakn menyatu dengan air seperti belum matang.
  • Saat dimakan rasanya aneh, seperti kita makan plastik.
  • Beras yang asli warnanya putih dan di bagian tengahnya ada putih susunya. Tapi kalau beras putih bening saja.