Paris akan Bongkar "Gembok Cinta"

Jembatan Pont des Arts di Paris
Pont des Arts
Pemerintah kota Paris Rencananya akan membongkar "Gembok Cinta" simbol cinta abadi yang dipasang para turis di jembatan-jembatan kota. Sebanyak 45 ton gembok-gembok itu akan dibongkar pekan depan.  

Terkumpulnya gembok-gembok tersebut berawal saat para turis dari penjuru dunia datang ke jembatan Pont des Arts di atas Sungai Seine untuk memasang gembok sebagai lambangkan cinta abadi mereka dan membuang kuncinya ke sungai.

Akibat seringnya dipasangi gembok, membuat jembatan ikonik itu menanggung beban terlalu berat.

Sebelumnya, pada 2014 lalu polisi sempat menyelamatkan turis dari jembatan Pont des Arts saat bagian jembatan sepanjang 155 meter yang digantungi gembok runtuh.

Untuk menggantikan kegiatan pasang gembok, pihak berwenang menggantinya dengan sebuah papan plastik dan mengarahkan para turis untuk mengunggah foto selfie ketimbang memasang gembok.

Segala upaya telah dilakukan namun gembok-cinta terus dipasang. Jembatan Pont de l'Archeveche di depan katedral Notre Dame kini juga kebanjiran gembok, sementara gembok-gembok lain dapat ditemui di sekitar kota.

Akhirnya karena khawatir dengan "kerusakan warisan budaya" dan risiko keamanan para turis yang memenuhi Pont des Arts, pemerintah Paris memutuskan untuk menyingkirkan gembok-gembok itu mulai Senin.

Setelah pembongkaran, besi-besi di jembatan akan diganti dengan karya seni pada musim panas, dan kemudian diganti dengan panel tembus pandang.(CNA)