Google Doodle Hari Ini: Ulang Tahun Hannah Arendt Ke-108

Ulang Tahun Hannah Arendt Ke-108
Hari ini Google merayakan hari ulang tahun Hannah Arendt Ke-108 yang diungkapkan dalam doodlenya hari ini 14/10/14. Hannah Arendt adalah seorang teoretikus politik Jerman. Ia seringkali digambarkan seagai seorang filsuf, meskipun ia selalu menolak label itu dengan alasan bahwa filsafat berurusan dengan "manusia dalam pengertian singular." Ia menggambarkan dirinya sebagai seorang teoretikus politik karena karyanya berpusat pada kenyataan bahwa "manusia pada umumnya, bukan Manusia saja, hidup di muka bumi dan menghuni dunia ini."

Hannah Arendt lahir pada 14 Oktober 1906 Linden, Hanover, German dalam keluarga Yahudi sekular di kota Linden yang waktu itu merupakan kota independen (kini bagian dari Hanover) dan dibesarkan di Königsberg (kota tempat tinggal pendahulunya yang dikaguminya, Immanuel Kant) dan Berlin.

Ia belajar filsafat di bawah Martin Heidegger di Universitas Marburg, dan lama menjalin hubungan romantik yang sporadis dengannya. Hal ini telah banyak dikritik karena simpati Heidegger terhadap Nazi. Suatu kali ketika hubungan mereka terputus, Arendt pindah ke Heidelberg untuk menulis disertasi tentang konsep cinta-kasih dalam pemikiran Santo Augustinus, di bawah bimbingan filsuf-psikolog eksistensialis Karl Jaspers.

Karya-karya Arendt membahas hakikat kuasa, dan topik-topik politik, wewenang, dan totalitarianisme. Banyak dari tulisannya terpusat pada pengukuhan konsepsi tentang kebebasan yang sinonim dengan aksi politik kolektif.

Ia juga menulis The Origins of Totalitarianism, yang menelusuri akar-akar komunisme dan nazisme dan kaitan mereka dengan anti-semitisme. Buku ini kontroversial karena membandingkan dua pokok yang sebagian orang percaya tidak dapat dipertemukan.

Hannah Arendt meninggal dunia pada 4 Desember 1975 (umur 69) di New York, Amerika Serikat. Hannah Arendt dikebumikan di Bard College di Annandale-on-Hudson, New York.

Untuk lebih jelasnya mengenai Hannah Arendt  silahkan baca: "Biografi Hannah Arendt - ilmuwan (teoretikus) politik asal Jerman"