Arkeolog China Temukan Tulang-Tulang Saling Berpelukan Berusia 4.000 Tahun

seorang ibu yang sedang memeluk anaknya
Daily Mail
Arkeolog China menemukan situs purbakala yang berisi tulang-tulang manusia dalam keadaan saling berpelukan setelah melakukan penggalian di daerah yang dikenal sebagai "Pompeii dari Timur".

Salah satu yang sangat menyedihkan adalah seorang ibu yang sedang memeluk anaknya.  Dari foto yang diunggah Daily Mail, terlihat jasad ibu dan anaknya yang sedang berpelukan. Terlihat jasad ibu tersebut sedang berlutut, sementara kepalanya mendongak melihat ke atas dan melingkarkan tangan ke pundak anaknya, sedangkan anaknya memeluk sambil melihat ke arah sang ibu.

Para ahli meyakini situs yang digali itu merupakan daerah bekas hantaman gempa bumi dan banjir bandang. Diperkirakan gempa bumi yang dahsyat yang melanda Provinsi Qinghai, China tersebut terjadi pada tahun 2000 sebelum Masehi.

Konon, musibah itu telah membuat seluruh penduduk di wilayah tersebut hilang atau meninggal dunia. Mirip dengan musibah di Pompeii, saat warganya hilang ditelan bumi setelah Gunung Vesuvius meletus.

Pompeii dari Timur merupakan wilayah penggalian terbesar dari musibah yang terjadi di China dengan luas 40.000 kaki. Situs itu ditemukan pada awal tahun 2000.

Dengan penemuan situs ini, maka para ahli seperti mendapat petunjuk penting pada abad perunggu yang hidup dekat Sungai Kuning. Temuan tulang belulang tersebut kemudian dipamerkan di Museum Lajia Ruins.(Sumber)