Ini 6 Menteri Baru hasil reshuffle Kabinet Kerja Jokowi

Darmin Nasution
Darmin Nasution
Rabu (12/8/2015) bertempat di Istana Negara, Jl Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Presiden Jokowi akhirnya melantik menteri-menteri baru hasil reshuffle Kabinet Kerja.

Keenam menteri baru tersebut yakni Darmin Nasution yang menjabat Menko Perekonomian, Rizal Ramli yang menjabat Menko Kemaritiman, Pramono Anung yang menjadi Seskab, Sofyan Djalil yang menjadi Kepala Bappenas, Luhut Binsar Pandjaitan yang menjadi Menko Polhukam, dan Thomas Lembong yang menjadi Mendag.

Mereka berenam menggantikan enam menteri sebelumnya meliputi Tedjo Edhy dari posisi Menko Polhukam, Sofyan Djalil dari posisi Menko Perekonomian, Andrinof Chaniago dari posisi Kepala Bappenas, Rachmat Gobel dari posisi Menteri Perdagangan, dan Indroyono Soesilo dari posisi Menko Maritim. Kemudian diumumkan pemberhentian Andi Widjajanto dari posisi Sekretaris Kabinet.

Acara pelantikan yang dibuka mulai pukul 13.25 WIB dibuka dengan menyanyikan Lagu Indonesia Raya lalu pembacaan Keppres pemberhentian 6 menteri. Lalu dibacakan Keppres pengangkatan untuk 6 menteri baru, yang berisi pengangkatan menteri baru yakni:
Darmin Nasution menjadi Menko Perekonomian, Rizal Ramli menjadi Menko Kemaritiman, Pramono Anung menjadi Seskab, Sofyan Djalil menjadi Kepala Bappenas, Luhut Binsar Pandjaitan menjadi Menko Polhukam, dan Thomas Lembong menjadi Mendag. Lalu keenam menteri diambil sumpahnya oleh Presiden Jokowi. (sumber)