Dorothy Hodgkin Ada di Google Doodle Hari Ini

Google rayakan ulang tahun Dorothy Hodgkin  ke-104 tahun
Hari ini 12 Mei 2014 Google merayakan hari ulang tahun Dorothy Hodgkin yang ke-104 tahun dalam doodlenya. Dalam Doodle tersebut digambarkan Model molekul Penisilin oleh Dorothy Hodgkin, 1945.

Dorothy Mary Hodgkin, OM, FRS, née Crowfoot, adalah seorang kimiawati berkebangsaan Inggris, dikenal sebagai ilmuwati yang mengembangkan kristalografi protein. Dengan menggunakan sinar-X, ia mampu menguraikan struktur vitamin B12 dan molekul-molekul kompleks lainnya, termasuk penisilin dan insulin.

Hodgkin mendalami teknik kristalografi sinar-X, metode yang digunakan untuk menentukan struktur tiga dimensi biomolekul. Beberapa penemuannya yang berpengaruh dalam bidang sains adalah penentuan struktur penisilin yang sebelumnya telah diteliti oleh Ernst Boris Chain dan Edward Abraham, dan kemudian penentuan struktur vitamin B12, yang membuatnya dianugerahi penghargaan Nobel Kimia pada tahun 1964.

Setelah 35 tahun melakukan penelitian dan lima tahun setelah menerima Hadiah Nobel, pada tahun 1969 Hodgkin mampu menguraikan struktur insulin. Kristalografi sinar-X kelak menjadi alat yang paling banyak digunakan dan sangat penting dalam menentukan struktur sebagian besar molekul biologi, yang sangat berguna untuk memahami fungsi molekul tersebut. Hodgkin dianggap sebagai salah seorang ilmuwati pelopor dalam kajian kristalografi sinar-X biomolekul.

Untuk mengetahui lebih lengkap tentang biografi, biodata lengkap silahkan bacadi: "Dorothy Hodgkin - Penemu struktur Biomolekuler Tiga Dimensi"