4 Juta Pelajar SMP Se-Indonesia Mengikuti UN Serentak Hari Ini

Logo SMP
Hari ini sebanyak 4.130.681 pelajar setingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP)/ Madarasah Tsanawiyah (MTS) dan Paket B di Tanah Air mengikuti Ujian Nasional (UN) yang dimulai hari ini.

4.130.681 Pelajar yang mengikuti UN dimulai hari ini terdiri dari 3.902.948 pelajar SMP/MTS dan 227.743 peserta UN Paket B.

Pelaksanaan UN untuk tingkat SMP dan sederajat dilangsungkan mulai Senin (5/5) hingga Kamis (8/5). Khusus hari ini mata pelajaran yang diujikan adalah Bahasa Indonesia.

Untuk hari-hari selanjutnya para siswa akan diuji dengan mata pelajaran lainnya seperti Matematika, Bahasa Inggris, Ilmu Pengetahuan Alam, dan Ilmu Pengetahuan Sosial.

Sementara itu, meski seluruh persiapan UN sudah mantap namun sebanyak 160 siswa SMP di Kotabaru dilaporkan tidak kebagian soal UN.

Hal tersebut terjadi di Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan, untuk soal Ujian Nasional 2014 untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia.

Terdapat delapan SMP yang kekurangan soal tersebut, yakni SMPN I dan II Sampanahan, SMPN Kelumpang Tengah, SMP Swasta Pamukan Barat, SMPN I dan II Pamukan Selatan, dan SMPN I dan II Sungai Durian.

Menurut informasi, ada revisi soal Bahasa Indonesia, karena sesuatu hal, sehingga setelah ada perbaikan, ada kemungkinan petugas lupa memasukkan satu bendel soal ke dalam amplop, sehingga amplop yang seharusnya berisi dua bendel soal Bahasa Indonesia, setelah dibuka di sekolah, amplop tersebut hanya berisi satu bendel saja.

Diketahui, jumlah peserta UN SMP/MTs di Kotabaru sebanyak 4.158 orang dan diselenggarakan oleh 59 sekolah SMP dan Madrasah Tsanawiyah (MTs) yang tersebar di 21 kecamatan di Kotabaru.

Karena keterbatasan, maka kemungkinan UN di daerah yang tidak kebagian soal akan dilaksanakan di lain waktu sampai tersedianya soal. (Antara)