Twitter perbaiki sistem keamanan Penggunanya

logo twitter
Setelah muncul berita tentang banyaknya beberapa akun Twitter yang diretas, akhirnya pihak Twitter mengubah cara pengguna dalam mengakses akunnya jika lupa  atau kehilangan kata kunci (password), sekaligus mengenalkan sistem baru yang akan mengawasi prilaku login yang mencurigakan.

Dalam fitur baru ini, pengguna dapat memasukkan surel dan nomor telepon untuk memberitahu permintaan mengganti kata kunci.

Bila suatu waktu pengguna salah menaruh kata kunci atau butuh kata kunci baru, maka pengguna akun bisa memulai proses permintaan dari kedua opsi itu lewat situs Twitter.com dan aplikasi di Android dan iOS.

Tahap pengamanan kedua ini dapat melacak lokasi, sejarah masuk dan alat yang digunakan untuk memasuki akun guna mencegah kemungkinan aktivitas yang mencurigakan.

Melalui alamat surel terdaftar, Twitter akan memeringatkan pemilik akun jika didapati aktivitas yang mencurigakan.

Setahun sebelumnya, Twitter memberlakukan sistem verfikasi dua lapis, sebuah metode yang menambahkan lapis keamanan setelah kata kunci.

Bagi pengguna yang telah melakukan Fitur baru ini, maka untuk melanjutkan login ke situs, pengguna akan mendapat kode enam digit yang dikirim ke nomor telepon terdaftar lewat pesan singkat.