Hari Ini Matahari di atas Ka'bah Silakan Benahi Arah Kiblat Anda

Ka'bah
Ka'bah adalah pedoman untuk arah shalat bagi umat islam atau biasa disebut arah kiblat. untuk tempat-tempat yang berdekatan dengan ka'bah tentu saja tidak terlalu sulit untuk mementukan arah kiblat shalat, sedangkan untuk negara-negara yang jauh dari kabah tentu akan sedikit kesulitan.

Nah, untuk negara-negara seperti Indonesia yang jauh dari Ka'bah maka hari ini merupakan saat yang tepat untuk membenahi arah kiblat karena hari ini akan ada fenomena alam yang cukup penting, pada pukul 16.18 WIB, matahari akan tepat berada di atas Kakbah sehingga ‎seluruh bayangan benda pada jam tersebut akan tepat mengarah ke Kakbah. Kita bisa memanfaatkannya untuk meluruskan kembali kiblat.

Anda dapat mempraktekannya langsung, yakni dengan menancapkan tongkat kayu tegak lurus (vertikal) di tempat terbuka sehingga dapat disinari oleh cahaya matahari pada jam tersebut di atas, kemudian lihat bayangan di tanah yang berupa garis menuju arah cahaya matahari, itulah arah kiblat menuju ka'bah.

Penetapan kiblat melalui arah matahari pada saat tertentu itu hanyalah salah satu metode, namun diyakininya penetapan arah kiblat itu akan sangat tepat karena sesuai dengan pedoman alam yaitu arah bayangan benda oleh sinar matahari yang tidak mungkin bisa dibelokkan.

Sebagai akibat dari perederaan semu perlintasan matahari maka setiap tahun selalu terjadi peristiwa dimana matahari tepat di atas kawasan tertentu di bumi pada jam tertentu pula. Dan pada tahun ini matahari akan tepat berada di atas Kakbah pada tanggal 28 rajab atau 28 Mei 2014 pada pukul 16.18 WIB. Hal tersebut akan terulang pada ‎16 juli mendatang pada pukul 16.27 ‎WIB.