Google Doodle- 6 mei 2014, Rayakan Ultah ke-185 Honinbo Shusaku

hari ulang tahun ke 185 Honinbo Shusaku
Ulang Tahun ke-185 Honinbo Shusaku
Hari ini google doodle dengan merayakan hari ulang tahun Honinbo Shusaku ke-185. Siapakah dia sehingga Google menampilkan dalam doodlelnya?

Honinbo Shusaku (本因坊秀策 Hon′inbō Shūsaku), lahir dengan nama Kuwabara Torajirō (桑原虎次郎 Kuwabara Torajirō), di pulau Innoshima pada 6 Juni 1829.

Pada tahun 1837, saat berusia 8 tahun, Shusaku sudah hampir menjadi pemain kaliber profesional. Dia meninggalkan rumah untuk bergabung dengan sekolah Honinbō sekolah (lembaga yang paling penting dalam permainan Go di Jepang pada saat setelah menghasilkan Go Saint Dosaku dan banyak Meijins) secara resmi sebagai mahasiswa Honinbo Jowa tetapi studinya terutama dengan siswa senior.

Pada tanggal 3 Januari 1840, ia menerima gelar Shodan (dan pertama) diploma profesional.

Dalam serial manga dan anime Hikaru no Go, Shusaku dikisahkan menjadi penyemangat bagi pemain Igo Fujiwara-no-Sai. Shusaku juga menjadi inspirasi Sai dalam memainkan pertandingan besar yang dikatakan berasal dari Shusaku.

Untuk mengetahui lebih lengkap tentang biografi silahkan baca di "Honinbo Shusaku - Pemain Go Profesional Pertengahan Abad ke-19"