Idris Sardi, Maestro Biola Indonesia Meninggal Dunia

Hari ini, senin 28 April 2014,  Idris Sardi, maestro biola Indonesia, meninggal dunia pada usia 75 tahun di RS Meilia Pukul 07.28 WIB.

Idris Sardi lahir di Batavia, Hindia Belanda (sekarang Jakarta), pada tanggal 7 Juni 1938. Ia adalah anak dari pemain biola Orkes RRI Studio Jakarta, Bp. Sardi.

Orang Indonesia yang pernah belajar dengan Haifetz adalah Ayke (Liem) Nursalim, kini keadaannya tidak dapat main biola lagi akibat kram pada jari-jarinya, dan merupakan wanita pemain biola Indonesia yang pernah terpandang (dulu di usia 4 tahun/1955 di Yogyakarta sudah main di orkes).

Penghargaan yang diraih antara lain sebagai komponis dan ilustrator musik untuk film. Mendapat piala citra untuk Penata Musik Terbaik antara lain dalam film berikut:
  • "Pengantin Remaja" (1971)
  • "Perkawinan" (1973)
  • "Cinta Pertama" (1974)
  • "Doea Tanda Mata" (1985)
Menurut berita yang disebarkan oleh tim Fadli Zon (sahabat Idris Sardi) Jenazah akan disemayamkan di Rumah Kreatif Fadli Zon. Rumah Kreatif Fadli Zon berada di Komplek Bumi Cimanggis Indah Jl. Pekapuran, Cimanggis. Blok B1 No. 9. dan jenazah dimakamkan di TPU Menteng Pulo, Jakarta Pusat.

untuk lebih jelasnya mengenai Biografi, biodata lengkap silahkan baca: "Biografi  Idris Sardi - Maestro biola Indonesia'