Presiden Sampaikan Selamat Imlek Lewat Twitter

Susilo Bambang Yudhoyono
Susilo Bambang Yudhoyono
Bertepatan dengan Perayaan tahun baru imlek 2565, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono melalui akun twitter pribadinya mengunggah ucapan selamat tahun baru Imlek 2565 bagi seluruh masyarakat yang merayakannya.

Berikut ini tweet yang diunggah pada Jumat siang tersebut:

"Selamat Tahun Baru Imlek 2565, semoga di tahun yang baru ini kita senantiasa memperoleh kebahagiaan dan kejayaan"

Tahun Baru Imlek merupakan perayaan terpenting orang Tionghoa. Perayaan tahun baru imlek dimulai di hari pertama bulan pertama (Tionghoa: pinyin: zheng yuè) di penanggalan Tionghoa dan berakhir dengan Cap Go Meh di tanggal kelima belas (pada saat bulan purnama). Malam tahun baru imlek dikenal sebagai Chúxi yang berarti "malam pergantian tahun".

Di Indonesia, Tahun baru China, yang diperingati sebagai Imlek menjadi hari libur nasional sesuai dengan kebijakan saat masa pemerintahan Presiden Abdurrahman Wahid.

Di Tiongkok, adat dan tradisi wilayah yang berkaitan dengan perayaan Tahun Baru Imlek sangat beragam. Namun, kesemuanya banyak berbagi tema umum seperti perjamuan makan malam pada malam Tahun Baru, serta penyulutan kembang api. Meskipun penanggalan Imlek secara tradisional tidak menggunakan nomor tahun malar, penanggalan Tionghoa di luar Tiongkok seringkali dinomori dari pemerintahan Huangdi. Setidaknya sekarang ada tiga tahun berangka 1 yang digunakan oleh berbagai ahli, sehingga pada tahun 2009 masehi "Tahun Tionghoa" dapat jadi tahun 4707, 4706, atau 4646. Untuk lebih jelasnya silahkan baca artikel yang berjudul "Sejarah Tahun Baru Imlek".