Hujan Meteor Perseid 2014 hiasi Google Doodle hari ini

Google Doodle 11 Agustus 2014
Google Doodle merupakan logo-logo Google yang dimodifikasi pada saat tertentu dengan tujuan memperingat hari bersejarah atau event tertentu yang sedang berlangsung pada hari tersebut, dan ditampilkan di seluruh negara-negara yang support Google. Oleh karena itu, terkadang terjadi perbedaan antara negara yang satu dengan yang lainnya.

Hari ini Google mempersembahkan Video galeri hujan Meteor Perseid 2014 pada Doodlenya yang ada di halaman depan Google.

Bila anda mengklik Doolenya maka anda akan melihat ilustrasi perseid di langit.

Perseids adalah fenomena alam yang berupa hujan meteor yang terjadi setiap tahun. Hujan meteor secara periodik muncul mulai pertengahan Juli dan mencapai puncaknya antara tanggal 9 - 14 Agustus. Nama Perseids berasal dari nama Rasi bintang Perseus karena titik radian hujan meteor ini seolah-olah berasal dari arah Rasi Bintang tersebut.

Meteor-meteor Perseid tersebut berasal dari serpihan debu ekor komet Swift-Tuttle (nama resmi 109P/Swift-Tuttle) yang masuk ke atmosfer Bumi. Komet tersebut ditemukan pertama kali pada tahun 1862 dan mengelilingi Matahari setiap 130 tahun sekali. Setiap pertengahan Juli hingga Agustus, Bumi melintasi orbitnya sehingga sisa material komet tadi tertarik oleh gravitasi bumi dan muncul sebagai hujan meteor.

Untuk tahun ini (2014), puncak hujan meteor Parseid terjadi pada tanggal 12 - 13 Agustus. Selama puncak, sekitar 60 meteor per jam bisa disaksikan per jam.