Waktu Tempuh Jakarta-Bandung 37 menit, Tiket Kereta Peluru Rp 200 Ribu

kereta peluru
Dengan kemampuan waktu tempuh Jakarta-Bandung hanya dalam 37 menit, kereta peluru Shinkansen pastinya akan mengenakan tarif lebih mahal dibandingkan kereta yang selama ini digunakan penumpang.

Para konsultan proyek pembangunan Shinkansen di Indonesia mengusulkan patokan harga jual tiket sebesar Rp 200 ribu per orang. Angka tersebut masih berupa usulan dan masih akan dikaji. Demikian kata pemerintah Deputi Bidang Sarana dan Prasarana Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional (Bappenas), Dedy Priyatna.

Megaproyek kereta super cepat rute Jakarta-Bandung bernilai Rp 53 triliun. Sedangkan pembangunan Jakarta-Surabaya, total investasi yang dibutuhkan sekitar Rp 250 triliun. Pemerintah akan mendorong keterlibatan swasta dan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) untuk ikut menggarap proyek tersebut.

Dedy mengatakan, Kalau mau lebih murah dari Rp 200 ribu, pemerintah harus bisa subsidi. Bentuknya bisa subsidi operasi maupun subsidi investasi, misalnya pembangunan infrastruktur dibiayai pemerintah 100% sedangkan yang lainnya swasta atau BUMN.

Di Jepang harga tiket Shinkansen 10 ribu yen atau sekitar Rp 1 juta, mudah-mudahan saja di Indonesia tidak semahal itu, agar banyak lapisan masyarakat dapat menikmati fasilitas kereta cepat.