Crane Jatuh di Masjidil Haram 65 Jemaah Tewas 85 Luka-Luka

CraneAkibat hujan deras dan angin kencang di Mekkah, alat berat (Crane) terjatuh di Masjidil Haram, Mekkah, Jumat (11/9/2015). Akibat insiden tersebut kurang lebih 65 jemaah tewas dan 85 lainnya menderita luka-luka. Ketika itu, jemaah dilaporkan tengah melakukan persiapan shalat maghrib.

Dikutip dari antanews.com, setidaknya 34 jamaah calon haji Indonesia menjadi korban musibah alat berat berupa crane jatuh di Masjidil Haram ketika hujan lebat disertai angin kencang melanda kota Makkah, Jumat (11/9).

Kepala Pusat Kesehatan Haji Indonesia Dr Fidiansjah di Mekkah, Jumat malam, menjelaskan sampai pukul 23.00 Waktu Arab Saudi (WAS) atau pukul 03.00 WIB, dua jamaah perempuan meninggal pada peristiwa tersebut dan 32 jamaah lainnya mengalami luka ringan dan berat.

"Dua orang yang meninggal adalah Ibu Masnauli Hasibuan dari kloter 09 Medan (KNO 09) dan Iti Rasti Darmin dari kloter JKS 23," ujarnya.

Terkait dengan adanya sejumlah alat berat di sekitar Masjidil Haram memang tengah dilakukan perluasan tempat ibadah oleh pemerintah setempat menjadi 400.000 meter persegi.

Proyek perluasan ini sudah dibangun sejak tahun 2012, dan akan rampung sekitar tahun 2016 nanti.

Dengan adanya bagunan baru di sekitar Masjidil Haram, pemerintah setempat memperkirakan dapat menampung 2,2 juta jemaah. Sementara bangunan lama Saat ini hanya dapat menampung sebanyak 800.000 jemaah setiap tahunnya.