Ancaman Virus pada Gadget Android

Logo Virus
Bagi para pengguna Gadget bersistem operasi (OS) Android harus lebih berhati-hati dalam menggunakan perangkatnya, karena rentan terkena serangan virus dan semacamnya seperti m4lw4re.

Seperti yang dilansir dari www.antaranews.com, Ragib Hasan, profesor ilmu komputer dari Universitas Alabama-Brimingham mengatakan: "Ancaman semakin nyata menilik jumlah perangkat ber-OS Android kini makin banyak,"

"Dengan banyaknya perangkat Android berarti membuat banyak pelaku kriminal dunia maya sangat berminat mengembangkan perangkat lunak jahat semacam m4lw4re. Itu adalah perangkat lunak yang diciptakan untuk menyusup atau merusak sistem gadget," lanjutnya.

Dalam aksi yang dilancarkan oleh para peretas, m4lw4re yang digunakan bekerja untuk mencuri password, mengunduh suatu program, mengirimkan pesan dan berbagai aktivitas gadget lain yang berlangsung tanpa diketahui oleh sang pemilik. Bahkan, yang lebih parah m4lw4re dengan berbagai variannya seperti Trojan horse dapat mencuri username dan password dari Internet banking.

Yang palng banyak terjadi adalah perangkat lunak jahat tersebut sering menyamar sebagai sebuah program yang sangat bermanfaat dan bisa diunduh di Google Play Store.

Terdapat 79 persen m4lw4re ditujukan untuk Android. Sementara itu, sebanyak 19 persen adalah perangkat ber-OS Symbian dan masing-masing satu persen untuk iOS Apple, Blackberry dan Windows Mobile. data tersebut berdasarkan studi dari Department of Homeland Security Amerika Serikat,

Pada bulan Agustus, Trend Micro (Perusahaan pengembang perangkat lunak keamanan) melaporkan, terdapat sekitar 718 ribu aplikasi rentan berisi m4lw4re per Juni. Angka itu meningkat 41 persen sejak penghujung Maret.

Roger Thompson(Pakar teknologi informasi dari ICSA Labs) mengatakan akan lebih aman bagi para pemilik gadget jika memiliki antivirus.

Roger Thompson menegaskan, Jika anda memiliki antivirus yang update di ponsel anda, itu akan lebih aman.

Jadi bagi anda yang sudah memiliki Gadget bersistem operasi (OS) Android, sebaiknya membekali diri dengan perangkat lunak anti virus yang banyak ditawarkan oleh para pengembang, bila anda belum mampu dengan yang berbayar, anda dapat menggunakan yang free/gratis misalnya Avast free anti virus for android.