Hujan Angin dan Es Terjang Kota Bandung dan sekitarnya

ilustrasi hujan
Pada hari selasa siang 12 november 2013 Bandung, Kota Cimahi dan sekitarnya diterjang hujan deras disertai Angin Kencang dibarengi hujan Es dalam waktu beberapa detik.. Hujan besar disertai angin kencang pun melanda wilayah cibaligo, cimahi menyebabkan lampu mati dari pukul 1 hingga 21.00. Sebuah pohon roboh menimpa mobil di daerah kawasan industri cimahi cibaligo akibat hujan dan angin kencang.

Beberapa daerah yang terkena  hujan es adalah: Margaasih-Nanjung, hujan es atau butiran-butiran hujan es. Cibaligo, Cimahi hujan besar disertai butiran es dan angin kencang, sebagian listrik pun mati. Sedangkan Banjir setinggi kaki orang dewasa di Cibaligo.

Rumah-rumah pada bocor dan Jalanan pada macet serta Banjir dan genangan air pun melintasi seluruh jalan kota. Daerah leuwigajah, cibogo aliran listrik padam sebelum dan sesudah hujan dan masih belum nyala.

Di laporkan di daerah rancabentang, cimindi, cimahi terjadi hujan lebat ditambah angin kencang dan gumpalan es sebesar 1 ruas jari orang dewasa. Hujan Es hingga di Gunung Batu dan Kota Bandung bagian Barat termasuk Sukajadi hujan deras disertai angin dan petir. Hujan es pun terjadi dii kopo, Istana Pasteur Regency, Jl. Trowulan IIC T53, Pharmindo, Sukaraja dan Sarijadi.

Macet total keluar gerbang tol baros, Tol purbaleunyi macet padat beruntun, hujan deras dan angin kencang pada Km 128 Jalur A Ada Pohon Tumbang Antrian Panjang dimohon kesabaran bagi pengguna jalan tol. Di Jalan kolmas dan daerah Kawasan Jalan Pesantren banjir tergenang di bawah jembatan Tol. Di Cibabat, Baligo ambruk diterjang angin menimpa dan menumbangkan lampu jalan utama tersebut. Di Jl. Gatot Subroto hujan deras disertai angin kencang, pohon2 besar terhempas kencang dan batang pohon kering berjatuhan.

Menurut BMKG gejala hujan deras disertai angin kencang melanda wilayah Indonesia karena bertepatan dengan awal datangnya musim penghujan, selain itu diperkirakan adalah sisa Topan Haiyan yang melanda wilayah asia yang telah melanda wilayah negara Filipina.