Hari Ini KA Pangrango Jurusan Bogor-Sukabumi Mulai Dioperasikan

kereta api gunung geulis jurusan bogor-sukabumi
KA Pangrango jurusan Bogor-Sukabumi dioperasikan mulai hari ini Sabtu 9 November 2013, kereta api ini melayani tiga kali perjalanan dari Bogor.

KA Pangrango berangkat setiap lima jam. Dari Bogor kereta keberangkatan mulai pukul 07.30 WIB, lalu pukul 12.30 dan 17.30.

Dari Sukabumi, kereta berangkat dari pukul 05.00, 10.00 dan 15.00 WIB.

Kereta jalur Bogor-Sukabumi ini terdiri atas dua rangkai KA Pangrango yang setiap rangkaian terdiri dari satu lokomotif, satu kereta eksekutif, tiga kereta ekonomi dan satu gerbong pembangkit.

KA Pangrango berkapasitas total 368 kursi. Sebanyak 50 kursi di kelas eksekutif dan tarifnya Rp 35.000 per penumpang. Sementara itu sebanyak 318 kursi di kelas ekonomi dan tarifnya Rp 15.000 per penumpang. Tarif tersebut tidak bersubsidi.

Untuk kelas ekonomi AC terdapat 318 kursi dengan tiket Rp15.000/penumpang, sedangkan kelas eksekutif terdapat 50 kursi dengan tarif Rp35.000/orang.

Jalur Bogor-Sukabumi dilayani dua rangkaian KA Pangrango. Setiap rangkaian terdiri dari 1 lokomotif, 1 kereta eksekutif, 3 kereta ekonomi, dan 1 gerbong pembangkit. Keempat kereta penumpang itu berpenyejuk udara.

Jalur Bogor-Sukabumi sepanjang 57 kilometer. Waktu tempuh 1 jam 47 menit (Waktu tempuh itu setara dengan kendaraan pribadi atau angkutan umum dengan asumsi Jalan Raya Bogor-Sukabumi tidak macet).

Di jalur ini ada 10 stasiun, yakni Stasiun Bogor, Batutulis, Maseng, Cigombong, Cicurug, Parungkuda, Cibadak, Karang Tengah, Cisaat, dan Sukabumi. Selain itu, ada tiga halte, yakni Halte Ciomas, Cijambe, dan Pondok Leungsi. Halte lebih kecil daripada stasiun. Fungsinya, untuk naik-turun penumpang, Halte itu tak dilengkapi peralatan sinyal pengatur perjalanan KA.

Larangan yang harus ditaati penumpang Saat KA Pangrango beroperasi:
  • Jangan naik di atap KA.
  • Jangan membuka pintu atau jendela saat KA berjalan.
  • Dilarang berjualan di stasiun dan di KA.
  • Dilarang m3r0k0k di dalam KA.