Hasil Quick Count Pilkada / Pilgub Gorontalo 2017

Gorontalo adalah salah satu provinsi yang mengikuti pemilihan umum kepala daerah (PEMILUKADA) yang digelar pada Hari ini, Rabu 15 februari 2017. Pemilukada ini dilaksanakan untuk mememilih pasangan calon Gubernur dan wakil gubernur Gorontalo lima tahun ke depan yakni periode 2017-2022.

Gorontalo adalah sebuah provinsi di Indonesia. Sebelumnya, semenanjung Gorontalo (Hulontalo) merupakan wilayah Kabupaten Gorontalo dan Kota Madya Gorontalo di Sulawesi Utara. Seiring dengan munculnya pemekaran wilayah berkenaan dengan otonomi daerah di Era Reformasi, provinsi ini kemudian dibentuk berdasarkan Undang-Undang Nomor 38 Tahun 2000, tertanggal 22 Desember 2000 dan menjadi Provinsi ke-32 di Indonesia. Ibukota Provinsi Gorontalo adalah Kota Gorontalo (sering disebut juga Kota Hulontalo) yang terkenal dengan julukan "Kota Serambi Madinah".

Penghitungan surat suara dilakukan setelah proses pencoblosan di masing-masing TPS selesai. KPPS akan melakukan penghitungan suara secara manual di masing-masing TPS. Hasil perhitungan suara tersebut selanjutnya akan dikumpulkan untuk dilakukan rapat pleno rekapitulasi hasil penghitungan suara oleh KPU.

Selain pihak KPU, mungkin saja ada penghitungan suara yang dilakukan oleh masing-masing kandidat, relawan, atau pihak Independen dengan metode Quick count, real count, atau hitung cepat. Meski demikian hasil penghitungan suara oleh KPUlah yang dianggap sah oleh KPU yang merupakan penghitungan resmi atau manual oleh KPU dan menentukan siapa yang menjadi pemenang Pilkada Gorontalo ini.


Hasil perolehan suara atau persentase masing-masing pasangan cagub dan Cawagub Gorontalo 2017:


  • Hana Hasanah - Toni Junus (HATI). Memperoleh...persen, atau ... suara
  • Rusli Habibie - Idris Rahim (NKRI). Perolehan suara sebanyak ...% atau ... Suara
  • Zainuddin Hasan - Adhan Dhambea (Zihad). mendapat ... suara atau ... persen