10 Tren Yang Paling Dicari di Google 2013

google tren
Dalam akun Google+ Google Indonesia yang ditulis oleh Amit Singhal, Senior Vice President dan Google Fellow, Google Indonesia mengupdate  hal yang paling dicari di tahun 2013, ada tiga kata yang paling dicari, diantaranya Pahlawan, tragedi, dan Harlem Shake.

Berikut Update tersebut yang dikutip dari akun Google+ Google Indonesia:

Setiap hari, di seluruh dunia, semua orang menelusuri Internet. Ada yang mencari info tentang pahlawan kita, menjelajahi tempat wisata yang jauh, atau mencari solusi debat  sewaktu makan dengan teman. Bahkan kadang kita cuma ingin tahu jumlah kalori dalam alpukat.

Dalam Zeitgeist Tahunan (spirit of the times dalam Bahasa Jerman atau ‘Jiwa Masa Kini’), kami melakukan kilas balik terhadap orang, tempat dan momen yang menarik perhatian dunia sepanjang tahun. Tahun ini menandai rekor Zeitgeist paling global, —dengan 1.000 lebih daftar top 10 di berbagai kategori seperti Tren Tokoh, Peristiwa Yang Paling Banyak Dicari dan Tren Penelusuran Teratas dari 72 negara.

Sebelum kita masuk ke babak baru di tahun 2014, kami mengundang Anda untuk menonton  sejumlah momen terbesar sepanjang 12 bulan terakhir dalam "video Year in Review".

Bukan hal yang mengejutkan kalau yang paling No. 1 dicari di tahun 2013 adalah simbol kekuatan dan perdamaian internasional: Nelson Mandela. Penelusuran global terhadap mantan Presiden Afrika Selatan tersebut sudah tinggi tahun ini. Setelah ia meninggal, penduduk dunia berpaling ke Google untuk mengetahui lebih banyak mengenai Madiba dan peninggalannya.

Berbagai tragedi juga menarik perhatian dunia.  “Boston Marathon” menduduki urutan No. 6, dan “Typhoon Haiyan” menjadi peristiwa global No. 2 dalam daftar yang paling dicari. Dan hasrat kemanusiaan untuk saling membantu terlihat saat “donasi untuk Filipina” meraih peringkat tinggi di seluruh dunia.

2013 juga memiliki momen yang membuat kita menari gembira. Pengguna internet dunia mengunggah 1,7 juta video dengan berbagai versi Harlem Shake di YouTube, dan menempatkannya di urutan kelima dalam daftar global kami sekaligus menjadi video kedua paling tren di YouTube.

Inilah 10 tren yang paling dicari di tahun 2013:

1. Nelson Mandela
2. Paul Walker
3. iPhone 5s
4. Cory Monteith
5. Harlem Shake
6. Boston Marathon
7. Royal Baby
8. Samsung Galaxy s4
9. PlayStation 4
10. North Korea

Anda juga bisa mencari lebih jauh tren global tahun ini—langsung dari situs Zeitgeist kami. Intip 100 tren penelusuran tahun 2013, dan klik aja salah satunya untuk menggali infonya di Google Trends. Atau kalau ingin bernostalgia, buka saja Zeitgeist tahunan sejak 2001.

Akhirnya, kami membuat peta global 3D interaktif yang menunjukkan tren penelusuran teratas tahun 2013 di berbagai kota di seluruh dunia. Anda tinggal memutar globe, memilih kota, dan menjelajahi topik yang menarik minat penduduk kota tersebut—mulai dari pertandingan olahraga lokal sampai berita internasional.

Sembari introspeksi untuk setahun ini, saya tidak sabar menunggu apa yang akan terjadi di tahun depan. Apa yang akan Anda cari?

Demikian rilis update yang ditulis Amit Singhal, Senior Vice President dan Google Fellow, pada akun Google+ Google Indonesia... semoga bermanfaat... Selamat tahun baru 2014....