Tidak Ada Masinis Wanita Film Kartun "Thomas Si Kereta Api" Dikritik

Thomas Si Kereta Api
Akibat tidak adanya masinis wanita dalam film kartun anak-anak itu, Thomas the Tank Engine atau Thomas Si Kereta Api telah disalahkan.

Anggota dewan dari Partai Buruh Inggris, Mary Creagh mengatakan, itu adalah 'skandal nasional' bahwa ada begitu sedikit masinis wanita pada transportasi kereta api di Inggris.

Dia mengatakan semua karakter utama dalam buku-buku aslinya, yang diterbitkan pada 1940-an, semua laki-laki, dan satu-satunya karakter wanita adalah berupa "gangguan yang menjengkelkan, dan dalam beberapa kasus memerankan bahaya" pada rel kereta api.

Seperti dikutip Daily Mail, Jumat (27/12/2013), Mary mengatakan, Ada dominan laki-laki dalam industri transportasi dan saya sangat tertarik untuk membongkar beberapa mitos yang menghentikan wanita mengambil bagian pada pekerjaan bergaji tinggi dan pekerjaan yang sangat terampil.

Komentarnya memicu anggota dewan lainnya, Rob Wilson, dengan menuduh pencipta karakter Thomas, William Awdry, 'lupa bahwa salah satu agen perubahan sosial Buruh' ketika ia menulis cerita bertahun-tahun lalu. "Ini agak menyimbolkan Buruh dan sosialisme," katanya.

Di Inggris ada 1.000 wanita yang bekerja sebagai masinis kereta api, yang setara dengan 4,2 persen dari jumlah total masinis. (pikiran-rakyat.com)