Kanada Klaim Kutub Utara Yang Memiliki 15% Minyak Bumi dan 30% gas alam

Kutub Utara
Tahukah anda bahwa kawasan Kutub Utara diperkirakan mengandung 30 persen gas alam yang belum ditemukan di dunia dan 15 persen dari minyak bumi? dengan kekayaan alam tersebut Kanada telah membuat klaim atas daerah tersebut dalam upaya untuk menegaskan kedaulatan di Kutub Utara yang kaya sumber alam.

Untuk dapat menggali sumber daya alam tersebut, Kanada telah menetapkan untuk memperpanjang batas-batas dasar lautnya di Samudera Atlantik, termasuk perpanjangan ke dasar laut Kutub Utara meliputi sekitar 1,7 juta km persegi, demikian dalam pernyataannya pekan lalu.

Kanada mengajukan pengajuan awal pekan lalu berdasarkan aturan yang ditetapkan dalam Konvensi PBB tentang Hukum Laut, yang mengatur hukum internasional untuk lautan.

Jika berhasil, negara ini akan memiliki hak menguasai sumber daya daerah kutub, yang diperkirakan mengandung 30 persen gas alam yang belum ditemukan di dunia dan 15 persen dari minyak bumi.

Sementara Menteri Luar Negeri Kanada, John Baird mengumumkan bahwa klaim akhir negara itu akan mencakup Kutub Utara, namun ia menambahkan bukti ilmiah untuk mendukung klaim tersebut belum disiapkan.

Profesor Robert Huebert, seorang ahli Arktik di Universitas Calgary mengatakan kepada MailOnline, Rabu (11/12/2013) BAHWA, ntuk alasan apapun, para ilmuwan dan pesawat harus menghentikan penelitian ketika mereka sampai ke Kutub.

Selain Kanada, ternyata ada pula negara-negara lainnya yang berminatt  pada area dingin ini, yakni Rusia, Denmark, dan Amerika Serikat.

Mengenai penegasan hak Kanada di Kutub Utara telah menjadi isu domestik populer bagi Perdana Menteri Stephen Harper.

Braid mengatakan, bertekad untuk memastikan bahwa semua warga Kanada memanfaatkan sumber daya yang luar biasa yang dapat ditemukan di utara Kanada yang jauh.