Orang Indonesia Terpilih Akan Terbang ke Luar Angkasa

Rizman A Nugraha
Seorang traveler asal Indonesia, Rizman A Nugraha terpilih dalam program yang digelar oleh AXE. Rizman yang telah ikut kompetisi dunia untuk terbang ke luar angkasa, membuahkan hasil dan akan jadi orang Indonesia pertama di luar angkasa.

"Kami sangat bangga mengumumkan calon astronot Indonesia pertama yang akan diberangkatkan oleh AXE ke luar angkasa. Rizman A Nugraha telah berhasil melewati seleksi ketat, mengalahkan lebih dari 82.000 pendaftar dari Indonesia dan menjadi tiga besar yang mengikuti seleksi di AASA Global Spacecamp," kata Brand Manager AXE Unilever Indonesia, William Wijanarko, dalam rilisnya kepada detikTravel, Rabu (18/12/2013).

Sebelumnya ASA  telah merekrut lebih dari 100 pria dan wanita dari seluruh dunia untuk memperebutkan 1 dari 24 tiket ke luar angkasa.

Terdapat 3 orang Indonesia ikut dalam tahap sebelumnya untuk dilatih di AS, mereka menjalani satu minggu Training Missions penerbangan angkasa yang intens dipimpin oleh astronot senior Buzz Aldrin di Florida, AS. Rizman A Nugraha terpilih dari 3 orang Indonesia itu, dan memenangkan kesempatan ke luar angkasa dari AXE.

"Selama rangkaian misi pelatihan, Rizman telah berhasil mengemudikan pesawat Air Combat USA, menjalani latihan seperti layaknya seorang Astronot dalam Astronaut Assault Course dan membuktikan dirinya bisa mengatasi kekuatan ledakan dalam jenis latihan G-Force Mission di Kennedy Space Center," tambah William.

Pemenang-pemenang ini diumumkan oleh pemimpin dari AXE Space Academy, Buzz Aldrin, legenda luar angkasa, di Kennedy Space Center, Florida, AS. "Saya sangat bangga dapat bekerjasama dengan AXE untuk memberikan kesempatan kepada generasi muda untuk pergi ke tempat yang hanya dapat dikunjungi oleh sedikit orang, serta menjadi bagian dari sejarah," kata Buzz Aldrin.

AXE berharap hal ini juga menjadi bagian penting dari sejarah sebagai astronot pertama dari Indonesia. Pada kesempatan yang luar biasa ini, Rizman mengatakan dia sangat bersemangat untuk membahas perjalanannya ke depan, serta membahas tantangan tanpa gravitasi selama masa Training Missions.

Pesawat luar angkasa ini akan menerbangkan calon astronot Indonesia pertama ini setinggi 103 km dari Planet Bumi menembus batas luar angkasa dengan durasi perjalanan 60 menit. Rizman akan terbang ke luar angkasa bersama seorang pilot terlatih dengan pesawat luar angkasa berteknologi mutakhir berkapasitas dua orang yaitu XCOR Lynx Mark II.  (detik.com)